Sabtu, 24 Desember 2011

Sifat-sifat Benda Gas - Tekanan Udara

 Masih ingatkah kalian dengan sifat-sifat udara? Berikut ini salah satu sifat udara (benda gas), yaitu:
"Tekanan udara menekan ke segala arah, dan juga dari dasar (bawah) ke atas".

Keseimbangan Kekuatan
Tekanan atmosfer ditentukan oleh berat udara yang berada di atas kita, dan yang menekan segala sesuatu yang dijumpai di permukaan bumi. Maka, mengapa ia tidak pernah menabrak kita? Hal itu terjadi karena tubuh manusia mempunyai banyak permukaan yang padanya tekanan udara disebarkan dalam arah yang berlainan, dan yang paling penting, karena di dalam tubuh kita seperti tubuh semua binatang dan benda, ada udara yang menekan ke luar untuk mengimbangi tekanan atmosfer.
Disebabkan oleh keseimbangan kekuatan (gaya) inilah maka kita dapat menahan tekanan atmosfer yang menekan tubuh kita.
"Tekanan atmosfer memberikan tekanan secara merata pada setiap tubuh dan benda. Ia diimbangi oleh tekanan udara di dalam tubuh dan benda itu sendiri"


Variasi Tekanan
Tekanan atmosfer di gunung lebih kecil dibanding tekanan atmosfer di atas permukaan laut. Makin tinggi tempat, makin tipis  lapisan udara di atasnya yang karena itu memberikan tekanan atmosfer lebih kecil. Hal yang sama berlaku pula pada air. Makin dalam kamu masuk ke dalam air, makin berat bobot air yang dirasakan pada tubuh.
Tekanan atmosfer juga berubah tergantung pada suhunya (udara panas lebih ringan daripada udara dingin) dan kelembabannya. Udara yang mengandung uap air lebih berat ketimbang udara kering. Karena variasi tekanan ini kita harus menggunakan suatu alat untuk mengukur tekanan atmosfer, misalnya barometer dan altimeter

barometer        
altimeter

  • Barometer : alat untuk mengukur tekanan atmosfer dan dengan demikian meramalkan perubahan keadaan cuaca.
  • Altimeter : alat yang digunakan untuk memperkirakan tinggi, dengan cara memperbandingkan perbedaan tekanan atmosfer
sumber : Ensiklopedi Eksperimen Sains Lengkap (Udara dan Air), Tim Listafariska, Jakarta, 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar